PEMBELAJARAN FISIKA

30 07 2009

Fisika, merupakan bagian dari sains (IPA), pada hakikatnya adalah suatu ilmu yang mengajarkan manusia untuk mengetahui, memahami dan memaknai bagaimana hukum alam ini bekerja dengan segala keteraturannya sehingga membentuk alam semesta yang luar biasa. Melalui fenomena-fenomena kejadian alam di sekitar kita, yang bisa kita amati, renungkan, dan pelajari adalah cara pandang yang bijaksana sebagai seorang manusia yang berakal, fisika sangat membantu manusia memaknai alam ini. Menggunakan IPA sebagai cara berpikir merupakan naluri manusia yang ada dalam pikiran dan perasaannya, yang dapat memunculkan adanya rasa ingin tahu dan hasrat untuk memahami fenomena alam. Apa, mengapa dan bagaimana fenomena alam ini bekerja adalah bagian dari cara bagaimana informasi ilmiah dapat diperoleh, diuji, dan divalidasikan.

Pembelajaran Fisika bisa dipandang sebagai suatu proses bagaimana memahami fenomena alam. Pembelajarannya harus mempertimbangkan strategi ataupun metode yang efektif dan efesien. Kondisi serta suasana lingkungan belajar juga sangat mempengaruhi keefektifitasan kegiatan pembelajaran fisika. Karenanya, berbagai inovasi model dan strategi pembelajaran sangat mungkin digunakan. Interaksi guru dan siswa sedapat mungkin menciptakan kondisi belajar yang kondusif, yang bisa memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan sejumlah keterampilan, dan kemampuannya meningkatkan kualitas belajarnya.

Pada tingkat sekolah menengah atas, alias tingkat sma… banyak para siswa memandang bahwa belajar fisika itu adalah sulit, bahkan amat sangat sulit… dan cendrung membosankan… karena terlalu banyak rumus-rumus yang memusingkan… belum lagi ditambah hitungan matematikanya… waduh capek dech…

Kalo kamu termasuk salah satu siswa yang punya pemikiran seperti itu, segera ambil langkah-langkah penyelamatan diri dengan meninggalkan pemikiran yang sudah terlanjur salah terhadap fisika. Hal ini akan berdampak pada keengganan mempelajari fisika. Karena secara alami, serta di bawah tingkat sadar akan membentuk daya tolak yang sangat kuat pada diri siswa itu sendiri sehingga akan mempersulit diri. Apalagi jika siswa tersebut berniat atau bahkan telah berada di kelas IPA… waduh bisa berabe dech…

Oleh karena itu… para siswa sma sekalian… yang mau menjadi Pembelajar Fisika… mulailah berfikiran positif terhadap fisika, bahwa fisika¬† sesunguhnya adalah mempelajari tentang fenomena alam. Pada tingkat dasar, logikanya sangat masuk akal, yaitu sesuai pengalaman kita sehari-hari. Sedangkan pada tingkat lanjutan, fisika dapat dimanfaatkan untuk membuat prediksi prilaku alam, termasuk gejala alam yang belum pernah kita alami, seperti prediksi kapan terjadinya gerhana matahari dan bagaimana dampak pemanasan global terhadap kehidupan di bumi.

Lalu… bagaimana dengan persamaan fisika yang ada matematikanya itu lho… yang bikin siswa pada pusing?…

Perlu dipahami bahwa fisika tidak identik dengan matematika. Persamaan fisika bukan persamaan matematika biasa. Persamaan itu diperoleh dan diturunkan dari berbagai gejala alam serta kondisinya, yang diasumsikan menjadi suatu model matematika. Matematika dipilih sebagai bahasa pengantar untuk memahami gejala alam. So.. rumus fisika hanyalah alat untuk memahami fisika itu sendiri. Adapun soal-soal adalah proses latihan para siswa untuk memahami gejala fisikanya, bukan hanya sekadar berlatih hitung-hitungan lho…

Jadi Para Siswa SMA sekalian… semangatlah menjadi Pembelajar Fisika. Mulailah belajar fisika dalam pengertian yang sesungguhnya dengan empat langkah belajar fisika sebagai berikut:

  1. Pahami konsep fisika atau hukum fisika berdasarkan fenomena alamnya, bukan dengan rumusnya.
  2. Kuasai bahasa pengantar fisika yaitu matematika.
  3. Lakukan analisa soal fisika melalui ceritanya, bukan angka-angkanya.
  4. Gunakan logika untuk mengetahui arti fisis dari hasil perhitungan rumus fisika yang sudah diperoleh.

Selamat belajar… Semoga Belajar Fisika menjadi lebih mudah…

About these ads

Actions

Information

16 responses

4 08 2009
Rizki Putranto

Pak, di blog ini nggak ditulis rumusnya ya?

4 08 2009
rachmatsyukur

mantepin dulu konsepnya…. untuk rumus-rumus… sementara ini dituliskan terpisah… silahkan unduh persamaan pada posting Gelombang Mekanik…
Isnya Allah untuk materi berikutya disertakan rumusnya…

4 08 2009
Pandu Chairil

file pointer yang bapak bikin jadi modul bisa di download atau nggak pak? kalo bisa saya mau pak

5 08 2009
rachmatsyukur

filenya bisa diunduh… hanya sebagai slide show (pps)…

6 08 2009
Aditya Sudyana

Bapak, mau usul aja nih…

kan kalo di kelas waktu buat ngebahas soal2 latihan sebentar doang tuh, kebanyakan buat penjelasan materi..

nah usul saya mndingan kalo misalnya bapak punya soal tentang gelombang + pembahsannya dalam bentuk e-book (PDF), mending di upload aja pak (kalo gak punya sih gak pa pa), :) :)

biar bisa ngeliat di rumah, jadi biar bisa belajar sendiri di rumah trus bisa ngejar materi di sekolah…

jadi di sekolah tinggal penjelas materi aja…

9 08 2009
rachmatsyukur

Lagi diusahakan… semoga gak terlalu lama ya… thank’s usulannya ya dit…

7 08 2009
andyka

pak, itu yang soal2 di unduh terus dikerjain yang buat tugas itu pak?

9 08 2009
rachmatsyukur

betul…. dikumpulinnya sebelum ulangan blog 1, sebelum tanggal 24 Agustus ’09…

12 08 2009
Herdy

paakk di soal bapak tuh yang bank2 soal yaa pak yang gelombang bunyi , saya ngeliat soal nomer 12 s/d 15 itu kok ada intensitas bunyi yaa pak ? itu di modul bapak kok gak ada ? hehehe makasih paak . by the way anyway busway nih pak yeee blognya sangat membantu untuk pelajaran . keep it up :D

12 08 2009
rachmatsyukur

Yang gak ada di modul akan dberikan di kelas… yang lebih penting adalah kamu ada kemauan dan selalu semangat untuk menjadi pembelajar…. OK Coy…

13 08 2009
rachel

pak , saya udh coba nginstal flashnya tp ttp ga bsa . trs gmn dunk pa . saya ga ngerti soalnya . hehehehe .

14 08 2009
rachmatsyukur

gmn kalo kamu copy aja sama teman kamu yang udah download ….

18 08 2009
Ryan

Pa, ko saya ga ktemu kumpulan soalnya ya?

19 08 2009
rachmatsyukur

Ada di BANK SOAL FISIKA.. silahkan klik disini..

20 08 2009
Herdy

bapak numpang nanya pak , tugas yang kemaren , punya saya ( herdy XII IPA 2 ) udah ada di bapakk kan yaaa ? makasih :)

25 08 2009
Nama saya Fadil

NIce Gan bloG nya…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

%d bloggers like this: